Tips Praktis Menyiapkan Bekal Anak dan Pasangan

Banyak yang beranggapan menyiapkan bekal untuk anak dan pasangan sangat merepotkan. Sebenarnya bila kita mengetahui trik-triknya, mempersiapkan bekal bukanlah hak yang merepotkan, bekal lezat dan sehat bisa kita buat dalam waktu singkat.



8 Langkah Praktis Siapkan Bekal


  1. Untuk mengurangi kerepotan di pagi hari, siapkan bekal pada malam sebelumnya
  2. Bahan makanan yang akan digunakan harus kita pastikan tetap dalam kondisi yang baik, tidak kadaluwarsa, tidak berjamur, tidak rusak, dan tidak berbau busuk.
  3. Cuci bersih bahan makanan mentah yang akan digunakan sebelum dimasukkan ke dalam wadah makan.
  4. Pisahkan makanan mentah dengan makanan yang sudah matang ataupun setengah matang dalam penyimpanannya. Ini bertujuan untuk menghindari kontaminasi bakteri dari bahan makanan yang mentah.
  5. Simpan bahan makanan yang akan digunakan sesuai dengan jenisnya, apakah disimpan di dalam lemari es atau cukup janya di dalam suhu ruangan.
  6. Pada malam sebelumnya  kita bisa potong potong bahan makanan atau bisa juga masak setengah matang bahan makanan yang besok pagi akan digunakan. Seperti ayam goreng, kita bisa ungkep ayam pada malam hari sbelumnya, dan baru digoreng esok paginya.
  7. Cairkan bahan makanan yang beku yang akan digunakan sebelum dipanaskan atau dimatangkan di pagi hari.
  8. Untuk makanan yang sudah matang, panaskan kembali makanan tersebut, baik menggunakan kompor ataupun dengan microwave.

Trik Agar Bekal Anak Tak Bersisa

  • Kita harus pintar-pintar memilih bahan makanan apa yang akan diberikan untuk bekal si kecil. Buatlah semenarik mungkin dengan berbagai warna yang menarik sehingga anak tertatik untuk menyantapnya.
  • Semakin kita kreatif dalam menyiapkan bekal untuk anak, semkin lahap anak menghabiskan bekal makanannya. Buatlah aneka bentuk yang lucu untuk bekal anak dengan menggunakan beberapa jenis bahan, seperti roti tawar untuk bentuk beruang, nasi goreng dengan bentuk mobil, bentuk bunga dari sosis dan telur dadar, serta bentuk bentuk rkeatif lainnya yang bisa kita buat.
  • Bekal yang menarik akan membuat anak senang menyantapnya. Kita bisa siapkan hiasan untuk mempercantik bekal sekolah si kecil saat pada malam sebelumnya. Hiasan bisa terbuat dari keju, selada, tomat, ataupun nori. Potong dan bentuk hiasan pada malam sebelumnya, sehingga besok paginya kita tinggal menyusunnya.
  • Simpan hiasan dengan merendamnya di dalam air di lemari es agar hiasan lebih awet. Untuk hiasan berupa keju lembaran, sebelum disimpan dalam lemari es, bungkus terlebih dahulu keju yang sudah dibentuk menjadi hiasan dalam plastik tertutup untuk mengurangi penguapan keju, sehingga pagi harinya tidak kering.

Bekal Makanan Untuk Menghemat Pengeluaran

Salah satu cara menghemat pengeluaran adan dengan membawa bekal makanan dari rumah. Membawa bekal makanan sendiri juga bisa disesuaikan dengan selera.

Bila kita atau pasangan akan membawa bekal dari makanan sisa semalam, kita bisa memasukkan makanan tersebut ke dalam kulkas pada malam harinya. Di pagi hari, makanan tersebut tinggal dihangatkan untuk dijadikan bekal ke kantor.

Bawa garam, saus, kecap atau bumbu lainnya. Gunanya adalah memastikan makanan yang jadi bekal tidak hambar. Terkadang karena terburu-buru jadi tidak sempat menyicipi makanan yang dimasak. Dengan membawa garam dan gula dalam porsi kecil akan menjadikan bekal kita tetap lezat disantap apabila bumbu kurang terasa.

Masukkanlah bekal makanan ke dalam stoples atau wadah kaca. Jika kita membawa salad sebagai bekal, maka akan terlihat menarik apabila makana tersebut terlihat dari luar. Hal ini dapat memancing naiknya nafsu makan anda.

Pakai kotak bento agar bisa menyimpan beberapa porsi makanan secara terpisah.

Jangan lupa membawa alat makan. Jika perlu simpan persedian alat makan di laci kerja.

Comments

Popular posts from this blog

30 Minute Orange Knots

Easy Fudge Recipe

Lemon Sugar Cookie Bars