Bekal Untuk Anak yang Lezat dan Kaya Gizi

Selain makanan di rumah, kita juga harus memperhatikan makanan yang dibawa anak ke sekolah untuk menjaga gizinya agar selalu tercukupi. Sehingga anak bisa lebih fokus dalam semua aktivitasnya. Agar kebutuhan gizi anak selalu tercukupi perhatikan hal-hal berikut dalam mempersiapkan bekal makanan untuk anak.


Perhatikan Karbohidrat

Nasi, kentang, biji-bijian, dan roti merupakan makanan yang mengandung karbohidrat. Pilihlah sumber karbohidrat yang lambat dicerna seperti sereal dan roti gandum. Ini agar anak merasa kenyang dalam waktu yang cukup lama. Tambahkan makanan kesukaannya agar rasanya kebih enak, seperti daging asap, selada, saus mayones, dan sebagainya.

Setelah anak lelah beraktivitas di sekolah, anak akan kehilangan sebagian energinya, maka sangat tepat jika bekal yg dia bawa mengandung karbohidrat yang banyak, karena karbohidrat berfungsi sebagai penambah energi. 


Penuhi Protein

Untuk meningkatkan konsentrasi anak saat belajar, protein bisa sangat membantu. Daging, ayam, seafood, tahu, tempe, telur, dan susu merupakan makanan yang bisa dijadikan bekal anak sebagai sumber protein.

Namun sebisa mungkin untuk daging dan ayam dihilangkan dulu kandungan lemaknya, karena daging atau ayam yang tidak mengandung lemak akan sangat baik bagi kesehatan. Ikan salmon dan ikan tuna juga sangat baik untuk dijadikan bekal makanan anak. Karena ikan salmon dan tuna memiliki nutrisi yang sangat baik. Tidak hanya mengandung protein, salmon dan tuna juga memiliki kandungan omega 3 yang sangat baik untuk perkembangan otak. Jangan lupa sertai bekal anak dengan sayuran agar nutrisi yang diserap seimbang.


Buah Segar Untuk Seratnya

Makanan yang mengandung serat yang banyak yaiut sayuran dan buah-buahan. Selalu berikan minimal satu jenis buah pada bekal makanan anak untuk memenuhi seratnya, seperti jeruk, apel, pir, melon, anggur, pepaya, atau pisang.

Kita bisa membuat jus dari buah-buah segar kesukaan anak apabila anak bosan dengan buah segar. Kita juga bisa membentuk buah menjadi bentuk bentuk yang lucu seperti bentuk binatang, mobil dan bentuk lainnya yang anak sukai, agar anak tertarik untuk memakannya.


Cemilan

Kita bisa berikan satu jenis makanan ringan yang anak sukai seperti kripik, cake potong, kukis, muffin, dan sebagainya agar anak bisa menikmati cemilan kesukaannya.


Penghilang Dahaga

Selalu berikan air putih pada bekal anak untuk menghilangkan dahaga anak di sekloah. Sebab selain air putih seperti jus buah, minuman ringan, susu kemasan, dan minuman dengan perasa tidak baik untuk anak bikla dikonsumsi terlalu sering.

Comments

Popular posts from this blog

30 Minute Orange Knots

Easy Fudge Recipe

Lemon Sugar Cookie Bars