Alat-Alat MPASI Saat Traveling

Traveling dengan anak yang masih berusia 6-9 bulan memang terbilang sedikit ribet. Terutama untuk ibu-ibu yang ingin memberikan MPASI rumahan alias bikin sendiri. Tidak bisa tidak jika kita memang harus membawa peralatan khusus untuk membuat MPASI si buah hati.



Namun ada beberapa trik yang bisa dilakukan agar tak semua perlengkapan MPASI diangkut dari dapur rumah. Yang pertama tentu kita harus menyediakan satu tas khusus untuk memuat peralatan MPASI tersebut.

Berikut ini beberapa peralatan yang dibawa:


Slow Cooker

Alat ini sangat berguna untuk membuat bubur bayi. Anda tinggal memasukkan beras atau tepung, sayuran, dan kaldu. Pilih slow cooker yang ukuran paling kecil karena sangat menghemat tempat.

Jika ingin memasak menggunakan slow cooker, masak malam hari sehingga begitu waktunya sarapan, bubur sudah siap.

Food Processor

Food processor biasanya satu set terdiri dari saringan, penumbuk makanan, pemeras jeruk, dan parutan. Semua bagian memiliki fungsi sendiri-sendiri untuk membuat MPASI.

Blender Portable

Alat ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan food processor, yaitu menghaluskan makanan. Anda bisa memilih salah satunya. Hanya saja, kelemahan blender portable, anda harus terhubung dengan aliran listrik, sedangkan food processor tidak.

Alat Makan

Ini sudah menjadi alat yang wajib anda bawa untuk makan si kecil. Selain sudah familiar bagi anak, alat makan (piring, sendok, gelas) yang dibawa sendiri juga terjamin kebersihannya.

Botol Sendok

Botol sendok ini sangat memudahkan ibu ssat memberi makan si kecil. Namun jika anak sudah lebih dari 9 bulan dan sudah bisa makan bubur kasar, botol sendok sudah tidak diperlukan lagi.

Warmer

Alat ini memiliki multi fungsi. Selain untuk mensterilkan alat makan bayi, juga bisa memanaskan makanan.

Cooler Bag

Tas ini sangat berguna untuk menjaga makanan beku yang kita bawa dari rumah seperti puree buah dan sayur atau kaldu yang sudah dibekukan.


Selain peralatan, anda juga harus menyiapakan bahan-bahan yang bisa dibawa dan bisa tahan lama, seperti:

Buah-buahan

Buah yang bisa dibawa dalam bentuk segar seperti pisang, pepaya dan jeruk. Jika sudah waktunya anak makan, anda tinggal mengerok pisang dengan sendok, pepaya yang dihaluskan dengan penumpuk atau saringan, atau jeruk yang diperas.

Tepung atau Biskuat

Saat ini sudah banyak dijuak tepung organik untuk MPASI dengan aneka jenis seperti tepung beras merah, tepung pisang, hingga tepung kacang hijau. Dengan tepung ini, anda tetap bisa membuat kreasi MPASI agar si kecil tidak bosan.

Aneka Makanan Beku

Makanan beku seperti puree buah atau sayur ataupun kaldu yang dibekukan dalam wadah kotak kecil. Selama perjalanan, semua makanan beku disimpan rapat di cooler bag. Ketika sudah sampai di hotel, segera pindahkan ke kulkas. Jika ingin digunakan, tinggal dipanaskan di warmer.

Untuk membuat MPASI anda juga bisa memanfaatkan fasilitas di hotel, misalnya buah dan kuah sayuran yang disediakan saat sarapan. Anda pun bisa menyimpannya sebagian di tempat makan untuk menu MPASI hari itu selama berjalan-jalan keluar hotel bersama keluarga.

Comments

Popular posts from this blog

30 Minute Orange Knots

Easy Fudge Recipe

Lemon Sugar Cookie Bars