6 Makanan Untuk Otak Anak

Otak merupakan organ tubuh kita yang sangat penting. Otak berperan mengatur semua aktivitas manusia. Karena pentingnya peran otak bagi tubuh, kita harus menjaga asupan makanan yang masuk ke tubuh kita.

Berikut ini beberapa makanan yang dijuluki "Brain Food, makanan ini memiliki banyak nutrisi yang sangat berguna untuk pertumbuhan sel-sel otak kita.

1. Salmon
Salmon merupakan sumber asam lemak omega-3 (DHA dan EPA) terbaik. Asam lemak omega-3 sangat berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. Dalam penelitian baru-baru ini menunjukkan orang yang memperoleh banyak asupan asam lemak omega-3 diketahui pemikirannya lebih tajam dan mendapatkan hasil yang bagus pada uji kemampuan. Para ahli mengatakan, meskipun tuna juga mengandung asam lemak omega-3, tapi kandungan asam lemak omega-3 dalam salmon lebih banyak dibanding tuna.

2. Telur
Telur sudah lama diketahui merupakan sumber penting protein yang tidak sulit diperoleh dan harganya pun cukup terjangkau. Meskipun telur mengandung kolesterol, bagian kuning telur ternyata kaya akan kolin, yaitu zat yang dapat membantu dalam perkembangan daya ingat atau memori.

3. Oat
Oat atau oatmeal merupakan sejenis sereal yang terkenal di kalangan anak-anak. Oatmeal adalah sumber nutrisi penting bagi otak. Oat dapat memberikan energi untuk otak yang sangat diperlukan anak-anak dalam memulai kegiatan di pagi hari. Selain itu, serat pada oat juga mempunyai peran dalam menjaga otak anak terpenuhi kebutuhannnya sepanjang pagi. Adapun kandungan lainnya seperti seng, potasium, vitamin B dan vitamin E yang terdapat pada oat bisa menjadikan fungsi tubuh dan otak berfungsi pada keadaan prima.

4. Sayuran Berwarna
Sayuran berwarna seperti wortel, bayam, labu, ubi jalar dan tomat merupakan sayuran-sayuran yang mengandung banyak nutrisi dan antioksidan yang bisa membuat sel-sel otak menjadi lebih kuat dan sehat.

5. Daging Sapi Tanpa Lemak
Daging sapi tanpa lemak adalah sumber makanan yang mengandung banyak zat besi. Zat besi merupakan mineral esensial yang bisa membantu anak-anak berkonsentrasi dan tetap berenergi ketika di sekolah. Daging sapi juga mempunyai kandungan mineral lain seperti seng yang bisa membantu menjaga daya ingat.

6. Susu dan Yoghurt
Makanan yang mengandung susu cenderung memiliki vitamin B dan protein yang tinggi. Kedua jenis nutrisi penting ini bisa membantu pertumbuhan jaringan otak, enzim, dan neurotransmitter. Susu dan yoghurt juga dapat membantu perut kenyang, karena kandungan karbohidrat dan proteinnya, sekaligus menjadi sumber energi untuk otak.

Comments

Popular posts from this blog

30 Minute Orange Knots

Easy Fudge Recipe

Lemon Sugar Cookie Bars